About YSEALI Program (part. 1)

YSEALI? Apa itu?

Sebagian dari kamu mungkin baru pertama kali mendengar YSEALI (Young South East Asia Leadership Initiative yang merupakan program dari pemerintah Amerika Serikat untuk mengembangkan sifat leadership dan networking pemuda Asia Tenggara usia 18-35 tahun. 

YSEALI berfokus pada topik-topik tertentu di wilayah Asia Tenggara seperti:

  • Civic Engagement

  • Economic Empowerment and Social Entrepreneurship 

  • Education

  • Environmental Issues



Tunggu, ini khusus Asia Tenggara dan maksimal 35 tahun?

Iya! Program ini khusus untuk pemuda Asia Tenggara berusia 18-35 tahun yang ingin membawa perubahan seperti pemuda dari negara Indonesia, Brunei, Burma/Myanmar, Cambodia, Malaysia, Philippines, Laos, Singapore, Thailand, Timor-Leste, Vietnam dan Indonesia tentunya. 

 


Jenis Programnya Seperti Apa?

Jenis programnya bermacam-macam, singkatnya seperti ini ya (bisa di klik nih per poin-nya):

 

Persyaratan masing-masing program berbeda ya. Kali ini, bahas yang academic fellowship program dulu ya!

Academic Fellowship Program YSEALI adalah program FULLY FUNDED untuk mahasiswa sarjana atau mahasiswa yang baru lulus antara usia 18 dan 25 tahun ke Amerika Serikat selama lima minggu yang diadakan di perguruan tinggi atau universitas di AS. Program yang bekerjasama dengan Institusi akademik ini mencakup tema-tema civic engagement, environment and natural resources management, or entrepreneurship and economic development.


 

Pandemi gini emangnya boleh berangkat ke Amerika Serikat ya?

Saat ini program akan menggunakan format hybrid dengan program virtual awal yang berlangsung dari September hingga November 2021. Selama periode sekitar dua hingga tiga minggu pada musim semi 2022, program tatap muka akan berlangsung di Amerika Serikat di institusi host, bergantung pada kesehatan, keselamatan, dan kondisi perjalanan. Nah, karena pada tahun ini programnya sudah berakhir, kamu bisa mempersiapkan untuk mengikuti seleksi di tahun depan nih.


Universitas Host-nya mana aja?

untuk entrepreneurship and economic development, ada 2 universitas host, yaitu University of Conncectcut dan University of Texas- in Austin. Sempat juga ada Brown University, namun tidak selalu ada tiap tahunnya.


Bidang yang lain, ada Kennesaw State University, University of Nebraska - Omaha. dan lain sebagainya. Kamu diberi kesempatan untuk belajar selama 2-3 minggu di Universitas tersebut.



 

Syaratnya apa aja, sih?

  • Warga Indonesia
  • Mahasiswa atau baru lulus, pokoknya usia antara 18-25 tahun (Kalau yang academic. Kalau yang professional 25-35 tahun)
  • Bisa bahasa Inggris, diminta nyebutin skor TOEFL/IELTS, kalau ada. Tapi engga wajib.
  • Memenuhi syarat untuk menerima visa J-1 Amerika Serikat.

 

Kalau kriteria seleksinya apa aja? Ini yang dari websitenya YSEALI yaa, tapi intinya sih kalau kamu sudah ada project yang running untuk mengembangkan masyarakat di sekitar kamu, pasti kamu punya harapan. (tidak harus besar, little things yang punya peran besar juga dipertimbangkan). Namun, bagi yang baru merintis project, atau masih berupa ide, tidak memungkinkan juga untuk kamu memiliki harapan.


  • Menunjukkan kualitas kepemimpinan yang kuat dan track record baik institusi asal.
  • Menunjukkan pengetahuan, atau pengalaman profesional dalam salah satu tema YSEALI: civic engagement, environment and natural resources management, or entrepreneurship and economic development;
  • Menunjukkan komitmen untuk melayani masyarakat, volunteer, atau mentorship;
  • Menunjukkan minat serius untuk mempelajari Amerika Serikat, ASEAN, dan Asia Tenggara sebagai suatu kawasan;
  • Bersedia berpartisipasi aktif dalam program akademik intensif, pengabdian masyarakat, dan studi banding;
  • Memiliki komitmen untuk kembali ke negara asalnya untuk menerapkan keterampilan dan pelatihan kepemimpinan agar bermanfaat bagi komunitas, negara, atau wilayahnya; dan
  • Memiliki sedikit atau tidak memiliki pengalaman studi atau perjalanan sebelumnya di Amerika Serikat.

 

Kalau dokumen yang harus dipersiapkan apa aja, nih? dan bagaimana proses seleksinya?

Proses seleksi dari program YSEALI tidak membutuhkan banyak dokumen bahkan tidak membutuhkan sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS walaupun kamu bisa melampirkannya. 

Proses seleksi tiap negara berbeda-beda. Indonesia memiliki proses seleksi sebagai berikut:

  1. Tahap administrasi

  1. Mengisi formulir pendaftaran (disertai beberapa pertanyaan yang menunjukkan intensi kamu mengikuti program ini)

  2. Menyertakan surat rekomendasi yang dikumpulkan melalui formulir

2. Tahap wawancara (yang di kasih tau cuman yang lolos wawancara aja)

  1. Bila lolos tahap administrasi, panitia akan mengirimkan undangan untuk wawancara secara daring. Wawancara yang dilakukan singkat, hanya berdurasi 10 menit. Pertanyaan wawancara adalah pertanyaan seputar apa yang kamu tuliskan di formulir sebelumnya. 

  2. Wawancara menggunakan bahasa inggris

 

Selanjutnya, panitia akan meminta scan passport kamu dan dilanjutkan pengumuman lolos tahap wawancara. Hanya peserta yang terseleksi yang akan mendapatkan pengumuman ya. 

 

Walaupun proses seleksinya terlihat mudah, YSEALI di Indonesia hanya mengambil sedikit orang (sekitar 8 orang) tiap batch-nya untuk mengikuti program ini. Jadi persiapkan dengan baik ya! Amerika menunggumu!



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.